Customer Relationship Management

Customer Relationship Management

 

Did you know?

Customer Relationship Management (CRM)

adalah strategi bisnis untuk mengoptimalkan profitabilitas perusahaan dengan mempertahankan dan meningkatkan jumlah pelanggan.

Secara khusus mereka berusaha memberikan layanan yang sifatnya personal sehingga dapat memberikan kepuasan yang tinggi pada pelanggannya, baik sebagai stakeholder maupun shareholder.

Fokus utama strategi ini adalah pada pengembangan kepuasan pelanggan, diantaranya dengan cara memahami pelanggan, mempertahankan pelanggan melalui pengalaman pelanggan, menarik pelanggan baru, memenangkan kontrak, meningkatkan keuntungan, mengurangi biaya manajemen pelanggan.

 

Fitur-Fitur

Beberapa fitur yang dimiliki oleh aplikasi CRM antara lain:

  1. Menangkap prospek

Lead atau prospek ini sangat penting dalam membangun database pelanggan. Dengan adanya lead akan memudahkan pebisnis dalam melakukan tindak lanjut, memudahkan pengelompokkan prospek, memberikan penilaian, dan akhirnya bisa terjadi pembelian. CRM membantu untuk memberikan pelayanan yang lebih baik sehingga dari hanya sekadar pembeli mereka akan berubah menjadi pelanggan tetap.

2. Email otomatis

Email otomatis ini sangat berguna missal saat ada pengunjung yang baru datang pertama kali di website bisnis Anda, akan ada popup window yang menyuruh mereka untuk mengisinya dengan alamat email mereka. Dengan hal ini  pebisnis akan mudah dalam mengirimkan penawaran dan melakukan promosi terhadap para pengunjung.

3. Pengelomokkan prospek

Dengan adanya pengelompokkan prospek ini Setiap prospek akan dikelompokkan dalam kategori tertentu dengan memberikan harapan meningkatkan penjualan yang efektif dan efisien, selain itu berfungsi untuk memudahkan pebisnis dalam mengelola prospek

tersebut. Dengan menggolongkan dan mengelompokkan prospek tersebut pebisnis bisa membedakan mana prospek yang harus di prioritaskan dan mana yang tidak.

4. Tindak lanjut dan penjadwalan

Dengan adanya fitur ini minim kemunginan untuk pebisnis kehilangan kesempatan dalam melakukan follow up karena aplikasi juga akan mampu memberikan notifikasi jika jadwal follow up sudah dekat.

Implementasi

Customer Relationship Management (CRM) adalah strategi bisnis yang terdiri dari software dan layanan yang didesain untuk meningkatkan keuntungan (profit), pendapatan (revenue) dan kepuasan pelanggan (customer satisfaction). CRM di desain dalam bentuk web applications agar dapat lebih mudah diimplementasikan oleh perusahaan. Dengan adanya CRM dapat membantu perusahaan untuk mengidentifikasi pelanggannya dengan tepat, memperoleh lebih banyak pelanggan dengan lebih cepat, dan mempertahankan kesetiaan pelanggannya. Secara khusus mereka berusaha memberikan layanan yang sifatnya personal sehingga dapat memberikan kepuasan yang tinggi pada pelanggannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *