Red & Blue Ocean

Red & Blue Ocean

Taukah Kamu?

 

Red Ocean adalah kondisi di mana adanya persaingan sangat ketat untuk mendapatkan pasar yang sama dengan kompetitor. Di dalam strategi ini kita sebagai produsen harus meyakinkan konsumen bahwa produk/jasa yang kita miliki berbeda dan punya kelebihan dibandingkan kompetitor sehingga konsumen memiliki pilihan yang jelas. Bukan asal Tampil Beda tanpa dasar jelas.
Contoh :
salah satu perusahaan E-Commerce asal Singapura yang mampu bertahan di tengah maraknya Start up. Sampai bisa meraih berbagai penghargaan yaitu shopee salah satu Aplikasi belanja online.dimana mereka membuat sebuah inovasi yang mempermudah pelanggan dalam berbelanja dengan mengawinkan antara media sosial dengan aplikasi Shopee tersebut . Dan yang membedakan Shopee dengan yang lainnya yaitu terdapat fitur “Live Chat” yang bisa digunakan oleh pelanggan untuk menanyakan suatu barang langsung pada penjual dan untuk melakukan negosiasi tanpa harus repot-repot berhubungan lewat di luar aplikasi.

Blue Ocean adalah sistem pemasaran yang nyaris tidak ada persaingan, karena dari awal bisnis ini dimulai mereka memberikan tampilan yang berbeda dari pesaing.
Trik yang digunakan dalam strategi pemasaran blue ocean yaitu dengan mendefenisi ulang bisnis mereka. Yakni mengubahnya menjadi satu kategori baru yang berbeda dari sebelumnya, dengan demikian, produk/jasa itu menjadi nomor satu dalam kategori baru tersebut.
Contoh:
Pada PT HM Sampoerna mereka menciptakan produk A Mild dengan Konsep sederhana pada akhir tahun 80.an meluncurkan produk A Mild yang mana pada saat itu rokok dengan konsep Low Tar Low Nicotin belum dikenal di Indonesia dan A Mild tidak dapat digolongkan kedalam salah satu jenis rokok manapun di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *