VARIABEL SEGMENTASI PASAR KONSUMEN

VARIABEL SEGMENTASI PASAR KONSUMEN

  1. Segmentasi Geografis

Segmentasi ini digunakan untuk mengklasifikasikan pasar berdasarkan lokasi yang akan mempengaruhi biaya operasional dan jumlah permintaan secara berbeda, seperti negara, pulau, provinsi, kota, desa, pantai, pegunungan, atau kompleks perumahan.

  1. Segmentasi Psikografis

segmen pasar ini dilakukan dengan mengelompokkan konsumen atau pembeli menjadi kelompok berbeda berdasarkan pada perilaku, gaya hidup atau kepribadian.

  1. Segmentasi Demografis

membagi pasar menjadi kelompok berdasarkan pada variabel-variabel seperti umur, jenis kelamin, besar keluarga, siklus kehidupan keluarga, pendidikan, agama, pekerjaan, dan pendapatan.

  1. Segmentasi Perilaku

Dalam segmentasi perilaku pasar diklasifikasi dalam kelompok – kelompok yang dibedakan berdasarkan pengetahuan, sikap, penggunaan atau respon terhadap suatu produk.

 

Penetapan Target Pasar dan Diferensiasi dan Positioning

  • Penetapan Target Pasar

Adalah adalah cara yang dilakukan oleh perusahaan dalam menetapkan sekelompok orang yang akan menjadi sasaran penjualan produk perusahaan sesuai dengan karakter, umur dan sifat masyarakat itu sendiri yang sebelumnya sudah dilakukan survei perusahaan terkait daya beli masyarakat.

  • Diferensiasi

Adalah usaha yang dilakukan untuk menjelaskan posisi produk pada konsumen. Hal ini dilakukan kepada konsumen untuk menjelaskan kepada konsumen tentang keunggulan, keunikan, dan keuntungan yang akan diperoleh jika membeli produk tersebut dibanding yang lain, dan menentukan posisi produk pada persepsi konsumen yang dituju.

  • Positioning

Adalah dimana perusahaan menyusun penawaran pasar untuk menempatkan posisi bersaing dengan competitor yang dapat tertanam di benak konsumen. Sebuah bisnis dapat dikatakan memiliki strategi positioning yang bagus jika produknya unggul diantara produk serupa Semakin berkesan produk dimata pembeli semakin tinggi pula minat konsumen terhadap produk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *