UIN Walisongo Semarang

Nama: Rifaatul Ummah

Nim: 1803036078

Universitas : UIN Walisongo 

 

Strategi Dalam Bisnis

 

Untuk mencapai suatu kesuksesan, sebuah perusahaan harus memiliki strategi bisnis.  Strategi bisnis dapat diartikan sebagai arah tindakan atau serangkaian keputusan yang membantu pengusaha dalam mencapai tujuan tertentu dan merupakan kombinasi dari semua keputusan yang diambil dari tindakan yang dilakukan oleh pengusaha untuk mencapai tujuan bisnis dan untuk mengamankan posisi kompetitif di pasar.

  1. Operational Excellence

Sistem dan teknologi informasi adalah alat penting bagi manajer perusahaan untuk mencapai tingkat efisiensi dan produktivitas lebih tinggi.

Dikatakan operational excellence adalah ketika setiap karyawan dapat melihat langsung proses kepada pelanggan, dan memperbaiki arus itu saat rusak. Artinya ini berarti setiap karyawan mengetahui bahwa produk bergerak dari proses A ke proses B dalam jumlah tertentu, pada waktu tertentu, ke lokasi tertentu.

Contoh: melalui perbaikan proses bisnis yang berfokus pada people dan sistem, satu orang bisa menghasilkan output 50 dari sebelumnya yang hanya mampu menghasilkan 30. Tidak hanya fokus pada satu titik (people-red), upaya perbaikan juga bisa dilakukan dalam berbagai ragam, misalnya mengganti komponen penting yang memakan biaya cukup tinggi dengan komponen penting lain yang lebih efisien sehingga biaya dapat diturunkan.

 

  1. New Products, Services, and Business Models

 

Sistem informasi saat ini merupakan alat penting untuk menciptakan produk baru, layanan baru dan model bisnis baru. Sebuah model bisnis menggambarkan bagaimana perusahaan memproduksi, mengirim dan menjual produk atau layanan.

 

Contoh: Apple Inc mengubah distribusi musik menjadi online.

 

  1. Customer and Supplier Intimacy

Bagaimana cara untuk benar-benar mengenali dan memahami konsumen atau supplier merupakan masalah utama dalam bisnis yang memiliki jutaan pelanggan online atau offline. Ketika sebuah  bisnis  benar benar  mengenal  pelanggannya,  maka  pada umumnya  pelanggan  akan  merespon  kembali  layanan  baik  dari  pemilik bisnis  dan  akan meningkatkan  jumlah  pembelian. Demikian juga  dengan supplier,  semakin  banyak  bisnis  terlibat  dengan pemasok  maka  akan memeberikan vital inputs.

 

Contoh: Mandarin hotel yang merekam preferensi pelanggannya, suhu, pencahayaan, letak, dsb sehingga saat pelanggan tersebut datang kembali, kamarnya telah disetting sesuai preferens pelanggan tersebut.

 

  1. Improved Decision Making

Banyak manajer  bisnis  tidak  pernah  sungguh – sungguh  dalam  menerima informasi tepat di waktu yang tepat juga untuk membuat sebuah keputusan. Sebagai gantinya,   manajer    akan    mengandalkan    ramalan    ataupun keberuntungan

Sistem informasi dan teknologi informasi memungkinkan para manajer menggunakan real data sehingga membantu mereka dalam pengambilan keputusan.

 

Contoh: Verizon, menggunakan web-based digital dashboard untuk memberikan informasi yang tepat dan real-time berkaitan dengan keluhan pelanggan, kinerja jaringan, dan kabel yang rusak. Penggunaan sistem tsb memungkinkan manajer dengan cepat mengambil keputusan berkaitan dengan alokasi sumberdaya ke area-area yang terdampak, memberikan informasi kepada konsumen utk perbaikan, dan sebagainya.

 

  1. Competitive Advantage

Kondisi di  mana  perusahaan  sudah  berhasil  mencapai  satu  atau  lebih  dari

tujuan bisnis yang ada, Ketika perusahaan mampu mencapai salah satu atau lebih dari business objectives ini, kemungkinan besar perusahaan tersebut telah memiliki keunggulan dalam berkompetisi.

Contoh: Apple Inc., Walmart, and UPS, merupakan leader pada marketnya karena mampu menggunakan sistem informasi dengan baik.

 

  1. Survival

Perusahaan berinvestasi  dengan  sistem  informasi  karena sistem  informasi merupakan kebutuhan utama untuk menjalankan bisnis saat ini. Kebutuhan ini didorong dengan adanya perubahan tingkat industri. Banyak perusahaan yang mengadopsi sistem informasi dan teknologi informasi karena kebutuhan akibat perubahan dalam industrinya.

Contoh: Bank.

UIN Walisongo Semarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *