UIN Walisongo Semarang
Five competitive forces and four general strategis

Five competitive forces and four general strategis

Nama: Rifaatul Ummah

Nim: 1803036078

universitas : UIN Walisongo

 

    Menurut Michael E. Porter, terdapat 5 hal yang menentukan level persaingan dan daya tarik dalam suatu pasar di industri tertentu. Daya tarik yang dimaksud adalah keuntungan atau omset secara menyeluruh. Setelah analisis Porter 5 Forces dilakukan, maka dapat diambil kesimpulan apakah industri tersebut masih menarik atau dinilai kurang menarik.

 Strategi Lima Kekuatan Kompetitif (Strategy Five competitive forces)

1.Traditional competitors

Pada bagian ini akan ditelaah seberapa kuat persaingan di pasar dengan mempertimbangkan jumlah pesaing yang ada dan apa yang dapat dilakukan perusahaan untuk mengatasinya. Persaingan akan kuat dan tinggi bila banyak pesaing di sekitar dengan produk atau jasa yang serupa. Biasanya hal ini terjadi ketika industri sedang tumbuh dan konsumen dapat dengan mudah beralih ke penawaran pesaing dengan biaya rendah untuk mendapatkan suatu produk. Jumlah pesaing yang banyak akan menurunkan kekuatan perusahaan. Ini sangat berbanding terbalik bila jumlah pesaing dalam suatu pasar atau industri cukup jarang Kekuatan perusahaan pun akan semakin tinggi.

contoh: adidas dan nike brand yang sama sama mengeluarkan penjualan pakaian dan peralatan olahraga. Meski demikian, mereka memiliki masing masing keunggulan yang ditawarkan kepada konsumen.

2.New market entrants

Bagian ini menjelaskan tentang seberapa sulit bagi pendatang baru atau new entrants untuk memasuki suatu pasar atau industri. Kekuatan perusahaan juga dipengaruhi oleh kekuatan pendatang baru. Kekuatan-kekuatan tersebut dipengaruhi oleh hambatan berupa biaya masuk, regulasi, kondisi ekonomi, hak paten, dan lainnya yang ada di sekitar.  Bila hambatan bagi pendatang baru untuk memasuki pasar atau industri cukup banyak, kekuatan pendatang baru akan lemah dan kekuatan perusahaan akan kuat. Sedangkan ketika hambatan bagi pendatang baru cukup sedikit dan rendah, kekuatan bagi perusahaan akan melemah dan justru menguatkan kekuatan pendatang baru.

contoh: misalnya pada bidang E money dimana begitu banyak pemain baru yang bermunculan. semakin sulit pemain baru untuk berkembang maka semakin menarik bisnis terrsebut, jika kita pemain baru maka analisis ini dapat digunakan untuk memetakan strategi dalam mengembangkan bisnis agar berkembang dan menjadi semakin besar.

3.Substitute products and services

Kekuatan dan persaingan perusahaan  tak hanya muncul dari pendatang baru dan kompetitor, melainkan juga datang dari barang atau produk pengganti dari barang yang dijual perusahaan. Produk pengganti tersebut biasa juga disebut produk substitusi, dimana produk substitusi mempunyai manfaat dan fungsi serupa dengan produk perusahan.

Misalnya, produk substitusi dari roti adalah mie karena kedua produk tersebut sama-sama mempunyai manfaat mengenyangkan dan berfungsi sebagai asupan makanan bagi konsumen. Pada bagian ini, akan dianalisis seberapa mudahnya konsumen untuk beralih kepada produk substitusi. Analisis bisa dilakukan dengan cara memeriksa jumlah, harga dan kualitas produk substitusi, serta memperkirakan posisi dengan seberapa banyak keuntungan yang diperoleh perusahaan dari produk substitusi. Ketika produk substitusi yang beredar cukup banyak dan mempunyai harga dan kualitas tak kalah dengan produk perusahaan, konsumen mudah beralih dan kekuatannya lebih besar dari perusahaan.

4.Customers

konsumen memiliki peran yang sangat penting. Seluruh pemasukan perusahaan adalah berasal dari konsumen yang melakukan pembelian barang dari perusahaan. Kemampuan yang dimiliki konsumen untuk menawar dan mendorong harga produk lebih rendah adalah salah satu dari lima kekuatan yang mempengaruhi bisnis. Hal ini dipengaruhi oleh berapa banyak konsumen yang dimiliki perusahaan, seberapa signifikan setiap konsumen, dan berapa biaya perusahaan untuk mencari pelanggan baru dalam suatu  pasar.

contoh: Teh Botol Sosro, Coca cola dan banyak produk lainnya dengan memanfaatkan konsumen agar tidak berpaling dengan produk lainnya mereka memberikan harga yang standar, iklan yang kreatif dan pemberian hadiah. dan coco cola pernah membuat kemasan yang mencantumkan nama konsumen di kemasan produknya sehingga dapat menigkatkan brand engagement produk tersebut dibuat khusu untuk mereka.

5.Suppliers

Supplier selaku pemasok bahan baku atau barang yang akan dijual perusahaan memiliki kekuatan tawar-menawar yang berbeda. Kemampuan supplier dalam  menentukan syarat atau perjanjian kerjasama dengan perusahaan sangat berpengaruh bagi kekuatan masing-masing pihak. Hal ini dipengaruhi oleh jumlah supplier utama, seberapa unik barang yang diperoleh dari supplier, dan berapa biaya perusahaan untuk beralih ke supplier lain. Semakin sedikit supplier yang dimiliki perusahaan, semakin besar tingkat ketergantungan perusahaan terhadap supplier yang menjadikan kekuatan supplier menjadi tinggi dan kekuatan perusahaan semakin rendah. Sebaliknya,  ketika perusahaan memiliki banyak supplier, perusahaan mempunyai banyak opsi dan pilihan sehingga menjadikan kekuatan perusahaan lebih kuat dibandingkan dengan supplier.

contoh: setiap produksi sebuah perusahaan memerlukan input yang berupa bahan baku, tenaga kerja yang dipasok oleh suppliers oleh karena itu perusahaan harus mempunyai relasi yang baik pada suppliers supaya bahan baku dapat tercukupi tepat waktu dan sistem pembayaran yang lebih fleksibel.

Empat Strategi umum diantaranya:

 

1. low-Cost Leadership
Menjadi produsen rendah biaya dalam menghasilkan barang dan jasa, atau membantu menurunkan biaya bagi pemasok dan pelanggan, sehingga pesaing memiliki biaya produksi yang lebih tinggi.
 
Misalnya, sistem manajemen rantai pasokan dapat menggabungkan sistem respon pelanggan efisien untuk langsung menghubungkan perilaku konsumen untuk distribusi dan produksi dan rantai pasokan, membantu persediaan dan distribusi yang lebih rendah biaya
2. product differentiation 
penggunaan sistem informasi untuk memungkinkan produk dan layanan baru,  untuk membedakan produk dan layanan dari para pesaing atau

mengurangi keunggulan diferensiasi dari pesaing. Strategi ini memungkinkan perusahaanuntuk fokus pada produk atau jasa untuk memberikan keuntungan dalam segmen pasar yang unik/niche market.
 
Misalnya, Land ‘s End menggunakan kustomisasi massal, menawarkan produk atau jasa yang dirancang secara individual dengan menggunakan sumber daya produksi yang sama seperti produksi massal, untuk menyesuaikan adat-pakaian untuk spesifikasi pelanggan individu.
3. Focus on market niche
Dalam hal ini perusahaan menggunakan sistem informasi untuk memungkinkan fokus pasar tertentu dan melayani target pasar yang sempit ini lebih baik daripada pesaing. sistem informasi mendukung strategi ini dengan memproduksi dan menganalisis data untuk penjualan tersetel dan teknik pemasaran. Hilton Hotel menggunakan sistem informasi pelanggan dengan data rinci tentang tamu aktif untuk memberikan layanan yang disesuaikan dan pahala pelanggan yang menguntungkan dengan hak ekstra dan perhatian.
4. strenghthen customer and supplier intimacy
strategi ini menggunakan sistem informasi untuk mengencangkan hubungan dengan pemasok dan mengembangkan keintiman dengan pelanggan. Chrysler Perusahaan menggunakan sistem informasi untuk memfasilitasi akses langsung dari pemasok untuk jadwal produksi, dan bahkan memungkinkan pemasok untuk memutuskan bagaimana dan kapan untuk kapal pemasok untuk pabrik Chrysler. Hal ini memungkinkan pemasok waktu yang lebih utama dalam memproduksi barang. Hubungan yang kuat dengan pelanggan dan pemasok meningkatkan biaya beralih (biaya beralih dari satu produk ke produk pesaing) dan loyalitas kepada perusahaan Anda. Internet telah hampir menghancurkan beberapa industri dan telah sangat terancam lagi. Internet juga telah dibuat sepenuhnya pasar baru dan membentuk dasar untuk ribuan bisnis baru.  Karena Internet, kekuatan kompetitif tradisional masih di tempat kerja, tapi persaingan yang kompetitif telah menjadi jauh lebih intens.
UIN Walisongo Semarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *